Empat Film Pendek Karya Pelajar SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland Tayang di Bioskop

Sebanyak empat film pendek yang merupakan proyek dari pelajar SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland akan segera tayang di bioskop. Film berlatar tentang kearifan lokal budaya Sunda tersebut merupakan proyek dari kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang saat ini banyak dilaksanakan oleh beberapa sekolah dan salah satunya SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland, Kabupaten Bogor.

P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Dalam kurikulum tersebut menekankan pada proses pembelajaran bermakna untuk membekali peserta didik dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Untuk itu
kemampuan yang perlu diasah seperti kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

Kepala sekolah SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland Agus Salim Hakim menjelaskan, dalam proyek ini siswa membuat film pendek yang berlatar tentang kearifan lokal budaya Jawa Barat khususnya wilayah Bogor, Seperti wayang golek, budaya cucurak, goa ciwadon Jonggol dan Budaya masyarakat Sukamulya Cileungsi

“Pada proyek ini, peserta didik mengalami proses pembelajaran bermakna seperti diskusi, riset, wawancara, serta berinteraksi dengan warga sekitar. Selain itu, dalam pembuatan film juga dibimbing oleh tenaga ahli di bidangnya,”kata Agus Salim kepada JabarEskpres.com, Minggu 23 Oktober 2022.

Hasil film pendek siswa SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland ini ditayangkan langsung di bioskop Mall Cibubur Janciont serta disaksikan langsung oleh pengawas dinas pendidikan cabang Bogor, masyarakat, dan orangtua murid.

“Jadi kami mengundang juga orang tua murid agar dapat menyaksikan langsung karya anak-anak mereka selama belajar di SMA Islam Al-Azhar,” tambahnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah 1 Agus Syarifudin mengapresiasi hasil film yang dibuat oleh siswa-siswi SMA Islam Al-Azhar dalam kurikulum merdeka.

“Saya mengapresiasi karya film ini dalam rangka melaksanakan program pemerintah. Saya mengira hanya akan satu film ternyata ada empat film yang berhasil dibuat, ini luar biasa sekali,”ujarnya.

Dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak sekolah, orang tua/wali murid, dan peserta didik SMA Islam Al-Azhar BSD@Metland yang telah melaksanakan program yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

” Film yang diputar pada bioskop ini dapat menambah wawasan khalayak ramai, dan dapat implementasi P5 kurikulum merdeka terutama tentang kearifan lokasl Jawa Barat,”pungkasnya.

Sumber : radarjabar.disway.id

About the author: smametland

Leave a Reply

Your email address will not be published.